2 Pantai Keren di Sumbawa yang Indah

Pulau Sumbawa ialah sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara barat, Indonesia. Pulau ini diberi batas oleh Selat Alas di sebelah barat (memisahkannya dengan Pulau Lombok), Selat Sape di sebelah unsur timur (memisahkannya dengan Pulau Komodo), Samudra Hindia di sebelah selatan, dan Laut Flores di sebelah utara. Kota terbesarnya ialah Bima, yangsedang di bagian unsur timur pulau ini.

Pulau ini mempunyai luas 14.386 km2, dan adalah pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat, serta di antara dari dua pulau utama di provinsi tersebut. Titik tertingginya ialah Gunung Tambora (2.824 m), yang pun adalah gunung api aktif.

Berikut tujuan wisata bahari yang wajib anda kunjungi bila bertandang ke pulau Sumbawa;

 

Pulau Kenawa, Sumbawa

Okay, yang kesatu Pulai Kenawa

Bila semua Traveller hendak ke Pulau Kenawa, maka semua Travellerdapat menggunakan kapal-kapal kecil guna menyeberang ke pulau ini, dermaga guna menyeberang ke Pulau Kenawa ini eksklusif dan tempatnya berada selama 200 meter di sebelah unsur utara pelabuhan Poto Tano, jadi semua traveller tidak boleh sampai salah naik ke dermaga yang beda ya.

Dilansir situs mc88poker jarak dari kota Sumbawa Besar ke Poto Tano sendiri tidak cukup lebihselama 95 kilometer, jadi traveller mesti menempuh perjalanan selamatidak cukup lebih 3 jam. Dan guna traveller yang dari wilayah luar Sumbawa, maka dapat naik bus jurusan lombok. Jika traveller dari Jakarta, maka mesti menyiapkan budget yang lebih sebab tiket busnya saja selama Rp 500.000/orang dengan masa-masa tempuh selama dua hari. Namun andai traveller hendak cepat sampai, maka naik pesawat ialah solusi yang terbaik.

Dan sesudah traveller telah sampai lombok, maka traveller mestimelanjutkan perjalanan mengarah ke ke kota mataram guna sampai ke Pelabuhan Kayangan, lantas dari pelabuhan kayangan travellerkemudian menyeberang dengan kapal ferry mengarah ke ke Pelabuhan Poto Tano denganongkos sebesar Rp 60.000/ orang (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Perjalanan ini sendiri memakan masa-masa sekitar tidak cukup lebih 2,5 jam perjalanan. Nah sesudah traveller hingga di Pelabuhan Poto Tano, traveller bermukim melanjutkan perjalanan untuk mengarah ke ke Pulau Kenawa dengan masa-masa yang melulu sekitar 20 menit saja.

Pulau Kenawa sendiri adalah pulau kecil yang tak berpenghuni dengan luasdistrik sekitar 15 hektare. Di samping itu, pulau ini pun belummemiliki sumber listrik dan pun air bersih. Kondisi berikut yangmenciptakan di pulau ini tidak terdapat sekian banyak fasilitas penunjang. Yang terdapat hanyalah saung-saung kecil simpel yang dibangunguna duduk dan melangsungkan tikar.

Pulau Kenawa tidak melulu menawarkan pemandangan yang indah, namun pun mempunyai kekayaan laut yang paling melimpah sekali. Disini semua penelusur bakal dengan mudahnya sekian banyak macam hewan lautlaksana bintang laut, kuda laut, kepiting, ragam ragam jenis ikan yang lucu, dan masih tidak sedikit lagi yang lainnya.

Di Pulau Kenawa ini sekian banyak macam pekerjaan wisata dapat semua penelusur kerjakan diantaranya yakni berjemur, bersantai, berenang, danpun snorkeling. Oh ya buat semua penelusur yang hendak snorkelingdianjurkan untuk membawa peralatan sendiri, disebabkan di Pulau Kenawa tidak terdapat lokasi persewaan.

Pulau Kenawa sendiri memang mempunyai padang rumput yang paling cantik dan pun begitu luas, bahkan saking luasnya padang rumput tersebut sampai-sampai menutupi nyaris semua unsur pulau ini. Hanya unsur bukit kecil dan tepi pantainya saja yang tidak tertutupi oleh rerumputan tersebut. Meskipun begitu rumputnya lembut, jadi traveller nggak perlu cemas karenaandai terkena kulit tidak bakal terasa tajam. Maka tak mengherankanandai berguling-guling di atas padang rumput di Pulau Kenawa ini terasa sangatlah nyaman.

Pantai Keren
Pantai Keren

Pantai Lakey, Dompu. Surganya semua peselancar sebab keindahan ombaknya

Selanjutnya yang kedua Pantai Lakey, Dompu-NTB

Pernahkah traveller mendengar istilah ombak kidal? Jika belum dan hendak melihat atau bahkan menaklukkannya dengan berselancar (surfing) maka kunjungilah Pantai Lakey. Saat ini memang mayoritas yang datang ke Pantai Lakey ialah wisatawan asing laksana dari Australia, Amerika Selatan, Amerika Serikat, dan lainnya. Pantai ini bertempat di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Lakey sebenarnya ialah salah satu pantai yang tersohor sebagai salah satu area surfing terbaik dan menarik di dunia. Apa yang unik? Ombaknya ternyata mempunyai arah sapuan ke kiri bukan ke kanan sebagaimana umumnya. Keunikan ini pun nyatanya sudah disempurnakan dengan keindahan pantai yang telah menjadi pembicaraan terutama di kalangan penggila surfing. Di samping itu, angin laut yang terbilang kencang di area ini pun mendukung pekerjaan surfing, wind surfing, atau kite surfing.

Pantai Lakey mempunyai ombak yang terbilang stabil sepanjang tahun (tak terpengaruh musim) dan karenanya sejumlah kali menjadi tempat diadakannya persaingan selancar tingkat dunia. Puluhan pesertapersaingan ini seringkali datang dari sekian banyak belahan dunia danpun Indonesia. Keunggulan wisata pantai yang ditawarkan oleh Pantai Lakeysebetulnya sudah bisa terlihat di pusat Kota Dompu, ditandai dengan adanya patung orang yang tengah berselancar.

Bagi penggila selancar (surfing), ombak besar dan tinggi memang sangatditelusuri tetapi ombak di Pantai Lakey yang tidak terlampau tinggi (berkisar 6-8 meter saja) malah jadi menantang saat harus ditaklukkan dengan arah ombak kidal yang membutuhkan kemahiran khusus. Wisatawan mancanegara sengaja datang jauh-jauh ke pantai di Selatan Pulau Sumbawa ini guna menjajal kemahiran berselancarnya.

Pantai Lakey mempunyai empat jenis ombak yang disinggung oleh semua peselancarnya, yakni Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Jenis yang sangat menantang dan hebat guna berselancar ialah Lakey Peak sebab menyuguhkan kendala ombak dari arah kiri maupun kanan; pada unsur kiri berbentuk terowongan panjang, sedangkan di unsur kanan berupa gulungan ombak yang sempurna guna berselancar.

Dari pesisir pantainya yang berpasir putih, pemandangan lepas Pantai Lakey didominasi birunya hamparan air laut sebiru langit yang menaunginya. Suara debur ombak yang memecah menjadi media untuk para peselancar guna menjajal kemampuannya. Jangankan guna beratraksi di atas papannya, untukmenyaksikan ketetampilan semua peselancar ini saja sudah lumayan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *